10 Keutamaan Bersedekah di Hari Jum'at

Sedekahharian.comBagi umat muslim, hari Jum'at merupakan hari yang paling utama dari semua hari dalam seminggu. Di dalamnya penuh dengan keberkahan karena Allah mengkhususkan hari Jum'at hanya untuk muslim dari seluruh kaum umat terdahulu.

Hari Jum'at juga hari yang istimewa sebab pada hari itu doa-doa umat muslim menjadi sangat mustajab. Bahkan Rasulullah pernah bersabda, "Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah Hari Jumat.” (HR. Muslim)

Karena itu, Nabi Muhammad sangat memuliakan hari Jum'at dengan memperbanyak ibadah pada hari itu, terutama melakukan sedekah. Inilah alasan mengapa sedekah lebih baik dilakukan pada Hari Jum'at dibanding hari-hari lainnya.

1. Seperti Sedekah di Bulan Ramadhan
Keutamaan melakukan sedekah di hari Jum'at dibandingkan dengan hari lainnya adalah karena bersedekah di hari itu sama halnya seperti sedekah di bulan Ramadhan.

Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan–bulan selainnya.”

2. Pahala Berlipat Ganda
Hari Jum'at menjadi hari terbaik di mana nilai dan segala macam pahala dilipatgandakan, sehingga bila bersedekah pun akan memperoleh pahala yang berlipat. 

4. Memberi Berkah Rezeki dan Keluarga
Sedekah di hari Jum'at membuahkan keajaiban dan pertolongan yang tak pernah disangka, seperti aliran rezeki yang semakin lancar. Tidak selalu berupa materi, sedekah berupa bantuan atau tenaga pun bisa diberikan.

5. Memperkuat Tali Silahturahim
Sebagai makhluk sosial, kita tidak akan pernah mengetahui kapan kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Dengan memperbanyak sedekah khususnya di hari Jum'at, maka bisa dijadikan sebuah cara untuk menambah keluarga baru, atau kerabat baru. Sebab, kita tidak akan pernah mengetahui seperti apa kehidupan seseorang kelak dan saat kita membutuhkan bantuan, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan membantu kita.

6. Hari yang Dianjurkan Beramal Shaleh
Hari Jum'at atau malam Jum'at merupakan hari yang dianjurkan untuk beramal shaleh, salah satunya dengan bersedekah dan bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti yang tertuang pada hadist: “Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari Jum'at. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (Al-Iqna’, 1/170)

7. Memiliki Keistimewaan Khusus
Sedekah yang dilakukan pada hari Jum'at juga mempunyai keistimewaan khusus jika dibandingkan dengan beberapa hari lainnya. Sedekah pada hari Jum'at dibandingkan dengan hari lain layaknya perbandingan sedekah di bulan Ramadhan dengan sedekah pada bulan-bulan lainnya. 

Saya pernah melihat Syaikhul Islam – rahimahullah – apabila beliau berangkat Jum'atan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan diam-diam. Saya pernah mendengar beliau mengatakan, “Apabila Allah memerintahkan kita untuk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka bersedekah sebelum menghadap Allah lebih afdhal dan lebih besar keutamaannya.” (Zadul Ma’ad, 1/407).

8. Hari Terbaik Dalam Sepekan
Allah juga sudah menyiapkan ampunan, pengabulan doa dan juga pahala yang sangat besar bagi setiap hamba beriman. Oleh karena itu, hendaknya amal shalih dan juga ketaatan lebih ditingkatkan khususnya pada ibadah yang diagungkan di dalamnya seperti shalat Jum'at, memperbanyak shalawat, membaca surat Al-Kahfi, dan lain sebagainya.

9. Dilimpahkan Karunia
Salah satu amal shalih yang sangat mendapat perhatian dari para ulama adala sedekah yaitu mengeluarkan infak dan juga sedekah pada hari di mana Allah akan melimpahkan karunia serta kebaikan untuk setiap hamba-Nya. 

Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata tentang keutamaan hari Jum’at, “Bahwasanya sedekah di hari Jum'at dibandingkan semua hari dalam sepekan seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan selainnya.”

10. Dilakukan Sebelum Sholat Jumat
Sedekah di hari Jum'at hendaknya juga dilakukan sebelum berangkat pergi untuk menunaikan shalat Jum'at dan juga sangat dianjurkan untuk memberi sedekah secara sembunyi-sembunyi. Hal ini juga sejalan dengan keterangan dari Ibnu Qoyim dalam kitab Zadul Ma’ad, “Saya pernah melihat Ibnu Taimiyah apabila beliau berangkat jum'atan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan dengan diam-diam. Ibnu Taimiyah sendiri adalah pemikir dan ulama Islam yang hidup sekitar tahun 661 – 728 Hijriah. 

Dengan hari penuh kebaikan pada hari Jum'at ini, maka sedekah yang dilakukan khususnya pada hari Jum'at akan memberikan kebaikan yang lebih berlipat ganda dibandingkan dengan hari lainnya. Hal lain yang perlu diingat adalah meskipun keutamaan sedekah di hari Jum'at sangatlah banyak, bukan berarti kita harus menyepelekan beberapa hari yang lain untuk bersedekah.

“Mengkhususkan malam Jum’at untuk mengerjakan shalat dari malam-malam lainnya, dan janganlah mengkhususkan siang hari Jum’at untuk mengerjakan puasa dari hari-hari lainnya, kecuali bertepatan dengan puasa yang biasa dilakukan oleh salah seorang kalian.” (HR. Muslim, al-Nasai, al-Baihaqi, dan Ahmad)

Allahu 'alam bishawab 

 


Ajeng PS