Sedekah Harian Salurkan 16.000 Liter Air Bersih Ke 4 Desa di Kabupaten Bogor

Sedekahharian.com, Berawal dari keprihatinan seorang warga di Kp. Dungus Sireum, Kec. Jasinga Kab. Bogor, Apoy, selama lima bulan terakhir ini setiap harinya ia harus mengantre air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, seperti untuk wudhu, masak, minum, MCK, dan lain sebagainya. Beberapa warga yang bekerja sebagai petani bahkan harus merelakan sawah dan ladangnya mengering. Mereka terpaksa harus merogoh kocek Rp. 10.000 perhari untuk memenuhi kebutuhan air di dalam rumah, sebab di wilayah mereka sama sekali tidak ada sumber air akibat kekeringan yang melanda selama lima bulan terakhir.

Berangkat dari kisah inilah akhirnya relawan Sedekah Harian mencoba membantu warga yang kesulitan air di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor dengan melakukan Aksi Penyaluran Air Bersih. Sebanyak 16.000 liter Air Bersih Layak Konsumsi telah didistribusikan untuk kebutuhan sehari-hari warga. Aksi pertama dilakukan tanggal 29 September 2019, dan dilanjutkan dengan aksi kedua pada tanggal 6 Oktober 2019.

Sejumlah kampung yang mendapatkan bantuan air bersih, di antaranya Desa Babakan, Kec. Tenjo sebanyak 42 KK, Desa Hajere, Kec. Tapos sebanyak 100 KK, Desa Barengkok Kec. Jasinga sebanyak 100 KK, dan Kp. Dungus Sireum Kec. Jasinga sebanyak 84 KK. Keadaan di 4 desa ini sungguh memprihatinkan. Sejumlah warga mulai dari anak-anak hingga manula harus mengantre dan berpanas-panasan demi mendapatkan air bersih ini.

Tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, air bersih ini juga disalurkan untuk mushala dan masjid yang terdampak kekeringan di Kec. Jasinga Kab. Bogor. Mushala yang dibantu yaitu Mushula Nurul Huda yang mampu menampung hingga 100 jamaah, dan masjid Al Muttaqien yang memiliki daya tampung hingga 300 jamaah. Mushala dan masjid ini sehari-harinya digunakan warga untuk beribadah, namun banyak warga yang kesulitan berwudhu karena ketiadaan air.

Salah satu warga mengatakan sangat bersyukur dengan adanya bantuan air bersih ini. Ia menginginkan jika aksi ini diadakan setiap hari, bahkan kalau bisa setiap jam, sebab sehari-harinya sangat membutuhkan air, terutama untuk wudhu, ujar Pak Rujito selaku Ketua RT di Kp. Dungus Sireum Kec. Jasinga Kab. Bogor ini. 

Sedekah Harian terus menggalang dana untuk pendistribusian air bersih dan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi saudara-saudara kita di sejumlah wilayah di Indonesia yang terdampak kekeringan. Sedekah Terbaik bagi Korban Kekeringan dapat melalui, http://bit.ly/shpedulibencana

Jazakumullah kepada para relawan dan donatur yang telah berpartisipasi. Semoga apa yang dilakukan dapat menjadi amal shalih. Aamiin

 

Laporan: Suhaendi

Editor: Ajeng PS.