Sedekah Harian Distribusi 1000 Masker ke Anggota Pramuka di Palangkaraya

Sedekahharian.com, Palangkaraya, 25 September 2019 bencana kabut asap masih menyelimuti kota Palangkaraya meski sudah diguyur hujan beberapa kali. Asap masih saja keluar dari dalam tanah yang menunjukkan proses pembakaran masih berlangsung di dalam tanah.

Sedekah Harian bersama berbagai pihak, melakukan sejumlah bantuan penyaluran bencana asap untuk tim relawan pemadam kebakaran berupa bahan makanan, obat-obatan, dan masker N95. Aksi ini dimulai dengan memasak bubur kacang hijau bersama di Tenda Makanan Peduli Karhutla Jl. Mahir Mahar KM 2, Sebangau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Tenda Makanan Peduli Karhutla ini berdiri atas keprihatinan para ibu atas cerita para petugas dan relawan damkar yang mengeluhkan lapar dan haus saat memadamkan api di malam hari. "Kami memadamkan api di lahan yang sudah mati saja masih terasa panas, bagaimana dengan petugas dan relawan damkar yang berjuang memadamkan api yang masih berkobar?" cerita seorang ibu.

Proses pendistribusian makanan dan suplemen ini dilakukan dengan mengantarkan makanan ke Poslap-Poslap Karhutla yang ada di Palangkaraya, namun sebagian ada juga yang mengambil langsung ke Tenda Makanan.

Mungkin ketika masyarakat melihat dokumentasi kami akan bertanya-tanya, mengapa para relawan tidak menggunakan masker? Padahal sedang ada kabut asap. Bukankah asap yang tipis semakin siang semakin pekat, mata, dan tenggorokan juga semakin perih? 

Hal ini dilakukan karena bekerja menggunakan masker membuat cepat lelah, sebab ruang nafas yang terbatas. Nafas menjadi mudah tersengal, sedangkan pekerjaan masih banyak yang harus dilakukan. 

Akhirnya, aksi ini ditutup dengan penyerahan masker medis sebanyak 1000 pcs dan juga air mineral untuk peserta dan panitia kegiatan kemah bakti dan Lomba Pramuka (KEMTIPRA) ke-IV golongan penggalang dan penegak Se-Kalimantan Tengah Tahun 2019 di Gugus Depan 193 – 194 Imam Bonjol IAIN Palangka Raya bertempat di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe, Sabaru, Sebangau, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Sedekah Harian terus menggalang dana bagi korban asap dan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi saudara-saudara kita di Sumatera dan Kalimantan yang terpapar Kabut Asap akibat pembakaran hutan.
Sedekah Terbaik bagi Korban Kabut Asap di Sumatera dan Kalimantan dapat melalui, klik http://bit.ly/shpedulibencana

 

 

Laporan : Hidayatul Fitriyani
Relawan Sedekah Harian Peduli Kabut Asap Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Editor: Ajeng PS