Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Allah mengutus seorang rasul dari golongan manusia, tak lain agar kita sebagai umatnya bisa mengambil pelajaran dan menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan. Tak hanya dari sisi spiritual, keagamaan, mu’amalat namun juga dari sisi kesehatan.
Berikut Sedekah Harian sudah merangkum tips sehat ala Rasulullah 
1.    Puasa sunah 
Seperti yang kita tahu bahwa puasa baik untuk kesehatan. Terutama organ pencernaan karena organ tersebut akan bekerja secara teratur saat kita berpuasa. Selain baik untu kesehatan fisik puasa juga bisa mengharuskan kita menahan amarah. Rasulullah SAW hampir tak pernah marah meski tidak dalam keadaan puasa.

2.    Tidur lebih awal dan bangun lebih awal
Ibnu Qayyim berkata, “Barangsiapa yang memperhatikan pola tidur dan bangun beliau, niscaya mengetahui bahwa tidur beliau tersebut paling proporsional dan paling bermanfaat untuk badan, organ, dan kekuatan."
    
Rasulullah saw mempunyai kebiasaan tidur pada awal malam kemudian bangun pada permulaan paruh kedua malam. Pada saat itu beliau bangun lalu bersiwak, berwudhu dan melaksanakan sholat tahajjud.

Adapun adab tidur yang dilakukan Rasulullah saw selalu tidur dalam keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan. Terus berdzikir sampai jatuh tertidur. Rasulullah saw tidak pernah tidur dalam kondisi perut penuh makanan dan minuman. Rasulullah saw tidak pernah tidur di atas tanah tanpa alas dan tidak pernah tidur di atas kasur yang terlalu tinggi pula. Minimal beliau memakai kasur yang berisi sabut, mengunakan bantal dan kadang-kadang meletakkan tangannya di bawah pipi.

3.    Cara makan Rasulullah
Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya apabila Allah mencintai seorang hamba, Allah akan memelihara dirinya dari bahaya dunia sebagaimana salah seorang kalian memelihara orang yang sakit dari bahaya makanan dan minuman.”

a.    Makan makanan yang halal dan thoyyib
Makanan yang sehat penting bagi tubuh kita. Namun Rasulullah tak hanya menyuruh kita makan makanan sehat, tapi juga makan makanan yang halal dan thoyyib. Anjuran makan makanan yang halal dan thoyyib sendiri agar makanan yang masuk dalam tubuh kita terjaga keberkahannya dan mengandung manfaat bagi tubuh. 

Kita tidak dianjurkan memakan makanan yang hanya mengenyangkan saja. Para ulama dan dokter Islam terdahulu percaya apa yang dimakan berpengaruh bagi psikis. Karenannya, pengaturan makanan tidak untuk menjadikan tubuh atletis semata. 
Ali bin Abi Thalib RA berkata, “Barangsiapa meninggalkan makan daging selama empat puluh hari, akhlaknya akan berubah buruk.”

b.    Rasulullah menganjurkan kita untuk makan menggunakan tangan, khusus  nya tangan kanan. Karna makan menggunakan tangan kanan dapat membuat otak kiri bekerja dengan baik. Rasulullah juga tidak menganjurkan kita untuk makan sebelum lapar, dan berhenti makan sebelum kenyang. Tujuannya agar dapat membuat lambung bisa bekerja dengan baik, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit maag. 

c.    Mengunyah makanan 32 kali
Makan yang kita makan akan diproses di dalam tubuh, namun sebelum agar memudahkan proses pencernaan, sebaiknya dikunyah dalam mulut sebanyak 32 kali.

4.    Menjaga kebersihan (gigi, kuku, rambut dll)
Kebersihan tubuh harus dijaga karna kebiasaan bersih akan menjauhkan kita dari penyakit. Rasulullah menganjurkan memotong kuku dan rambut di hari jumat sebagai sunnah, baik laki-laki dan perempuan. Serta kebersihan gigi misalnya dengan membiasakan bersiwak atau menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. 

Wallahu a’lam bish-shawab.

    Dengan menjaga pola hidup sehat ala Rasulullah, muslimah bisa lebih fit dalam beraktivitas dan beribadah. Mari terapkan pola hidup sehat mulai sekarang yuk dear. 

(Hilmy Isna/SH Jakarta)
*pict source; google